H.ALI HASAN LUBIS, S.Pd.

Setelah Pensiun dari PNS mengikuti Pelatihan Menulis Sagusabu, TNGP, Menjadi Panitia Menulis Sagusabu dan turut menghiasi di blog gurusiana. Karya buku yang dit...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pensiunan Dalam Sebuah Penantian6

Pensiunan Dalam Sebuah Penantian6

13. Bidang usaha (lanjutan) Membuka warung kelontong tidak memerlukan modal yang besar. Kegiatan membuka warung kelontong dapat dibuat di rumah sehingga tidak menyewa tempat sementara yang dijual adalah barang-barang keperluan sehari-hari. Ini sangat cocok dikembangkan bagi seorang pensiun sehingga seharian dapat berkerja di rumah. Cuci sepeda motor, mobil yang dikenal doorsmeer. Usaha cuci sepeda motor dan mobil ini juga sangat menjanjikan seiring kemampuan masyarakat saat ini sangat banyak memiliki sepeda motor maupun mobil. Cuma disini bersaing dalam peralatan yang canggih berupa hidrolik dan harga terjangkau. Terlaksanakannya usaha ini akan menambah penghasilan sekaligus membuka lapangan kerja. Membuka rumah kos atau kontrakan. Usaha rumah kos atau kontrakan ini sangat cocok terutama di perkotaan untuk menampung para pelajar, mahasiswa maupun pekerja yang datang dari luar daerah. Jadi mereka sangat membutuhkan adanya rumah kos maupun kontrakan. Melihat kondisi sekarang ini pesatnya pertambahan penduduk, maupun untuk memerlukan keperluan hidup menuntut aktivitas kesibukan semakin meningkat pula, sehingga untuk mencuci pakaiannya pun hampir tidak mempunyai waktu. Maka peluang ini bisa dimanfaatkan. Tidak sedikit mahasiswa di kota-kota besar berasal dari daerah mereka mengontrak rumah dan kesibukannya sebagai mahasiswa hampir tidak ada waktu dan tidak memiliki peralatan cuci mencuci, pakaian kotor pun menumpuk. Maka banyak anak mahasiswa memanfaatkan jasa loundry. Demikian juga para pekerja kantoran, pasangan suami istri yang baru berumah tangga, sama-sama bekerja dan mempunyai kesibukan yang tidak sempat mencuci pakaian kotornya. Untuk membuka usaha ini pilihlah tempat yang strategis, harga yang terjangkau, pelayanan yang prima sehingga pelanggan datang kembali, tentukan jam buka dan jam tutup agar pelanggan dapat menyesuaikan waktunya.

Berbagai macam makanan dan minuman yang beragam dapat dikembangkan membuka warung makanan. Peluang usaha ini pilihlah sesuai dengan keahlian yang dapat dikembangkan sehingga benar-benar makanan yang dijual memiliki khas tersendiri, hygiene (kebersihan), makanan yang disajikan bervariasi, mutu terjaga, tempat yang nyaman. Pembelinya datang kembali. Ini menunjukkan pas, sesuai selera pembelinya. Kemudian harga juga harus terjangkau dan menempatkan pelayanan yang ramah dan menyenangkan. Pengelolaan dengan baik dapat menambah pemasukan keuangan sekaligus dapat membantu mempekerjakan orang lain.

Usaha tukang pangkas atau cukur rambut laki-laki. Di zaman sekarang ini dikenal Barbershop. Peluang bisnis ini juga sangat menjanjikan. Mengingat para kaum lelaki ingin selalu berpenampilan rapi salah satu diantaranya rajin mencukur rambutnya. Barbarshop bedanya dengan tukang cukur biasa. Barbershop memiliki tempatnya jauh lebih modern, menarik dari tukang cukur biasa dilengkapi dengan berbagai fasilitas ruangan yang khusus, seperti: AC, TV, toilet, kursi dan lainnya. Kemudian menyediakan berbagai mode potongan rambut, perawatan rambut, muka dan sebagainya. Tentu pembayaran jasanya jauh lebih mahal bila dibanding dengan tukang cukur biasa. Meski demikian bukan berarti tukang cukur biasa ditinggalkan karena keduanya memiliki fungsi yang sama mencukur rambut, kumis, jenggot, cambang dan sebagainya. Apalagi Islam menuntun umatnya agar rapi rambutnya sebagaimana yang diungkapkan Azis (2017: 277) membiarkan rambut tidak bersih dapat menimbulkan kutu yang menyebabkan beragam penyakit berbahaya dan wabah yang dahsyat. Itulah sebabnya Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk memuliakan rambut sesuai sabdanya bersumber dari Abu Hurairah, yang artinya: “Siapa yang memiliki rambut, hendaknya ia memuliakannya.” HR.Abu Dawud. Bidang usaha penjahit atau tailor. Menjahit pakaian seperti kemeja, celana rok atau jas lelaki dan perempuan. Usaha ini masih menjanjikan meskipun menjamurnya pakaian jadi. Namun sebagian orang masih menginginkan dijahit sesuai ukuran badannya. Usaha ini dituntut dengan peralatan dan pekerja yang terampil yang dapat memenuhi selera dan mode keinginan konsumen. Oleh sebab itu pakaian menurut pandangan Islam adalah sangat penting terutama untuk dapat menutupi aurat dan memberi keindahan, dengan demikian orang yang selalu mengingat Allah akan meningkat ketakwaannya sebagaimana yang dijlaskan dalam QS Al- A’raf (7) ayat 26: Artinya: “Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, Itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” Bisnis seorang pensiunan bukanlah yang menjadi tujuan utama baginya mengingat gaji pensiunannya masih ada. Bagi pensiuan tidak memiliki bisnis atau penghasilan lainnya hanya gaji pensiun saja itu boleh-boleh saja tergantung bagaimana sikap masing-masing menikmatinya. Banyak aktivitas lainnya yang sesuai keinginan dan bakatnya yang dapat dikembangkannya. Paling penting apapun aktivitasnya dapat mengisi jiwanya tidak sepi penuh kegiatan kepada hal-hal yang positif. Dapat menyeimbangkan kehidupan dengan spiritualnya sehingga dalam menjalani akhir kehidupannya menjadi tenang dan membahagiakan.

Disamping memiliki gaji dan mempunyai penghasilan tambahan kemudian dapat berbuat baik kepada sesama dan senantiasa bersyukur bahwa diakhir kehidupan rezekinya murah dan diberi kesehatan dapat menikmati masa-masa pensiunya dan buah dari kepuasan batin selalu bersyukur sebagaiman yang disebutkan pada firman Allah SWT dalam QS Ibrahim (14) ayat 7: Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” Bersyukur merupakan memuji atas nikmat dan kebaikan yang diberikan Allah. Jadi bersyukur merupakan jalan terbaik terhadap berbagai persoalan, sekaligus dapat menjauhkan kita dari azab Allah SWT. Oleh karena itu, mensyukuri nikmat dan anugerah-Nya merupakan solusi jalan terbaik dalam kehidupan yang akan mengantarkan pada keberkahan dan kebahagiaan hidup kita di dunia maupun di akhirat kelak. tt.07.04.20

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Banyak inspirasi yang disajikan ya Pak. Tinggal pilih, yang penting siap dan.mau.

07 Apr
Balas

Muliate pak

08 Apr

Bapak skr pilih usaha yg mana? Smg sukses slalu

07 Apr
Balas

Tks pertanyaan yg bijak. Bekerja di salah satu perusaan, berkebun, tani, kadang2 jualan selain nulis, gitulah pak mengisi waktu menanti akhir kehidupan. Moga sukses ya pak.

07 Apr

Keren goresan pena nya Pak.

07 Apr
Balas

Mantap.... Pak

07 Apr
Balas

Tks, sukses ya pak

07 Apr



search

New Post